Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha

A.           Pengertian Kerajinan Dari Bahan Lunak
Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak. Kerajinan bahan lunak terbagi menjadi 2, yaitu :
1.    Bahan Lunak Alami
Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang diperolah dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan. Contoh bahan lunak alami yang kita kenal adalah tanah liat, serat alam, dan kulit.



2.     Bahan Lunak Buatan
Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak. Bahan-bahan yang digunakan bisa berupa bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun, spons, dan sebagainya.



B.            Aneka produk kerajinan dari bahan lunak

a.    Kerajinan Tanah Liat
Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat sering dikenal orang dengan kerajinan keramik. Contohnya: gerabah, vas bunga, guci, piring.

 

b.    Kerajinan Serat Alam
Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas, dompet, topi, alas meja, tempat lampu.




c.    Kerajinan Kulit
Kerajinan ini menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contohnya: tas, sepatu, wayang, dompet, jaket. Kulit dihasilkan dari hewan seperti: sapi, kambing, kerbau, dan buaya, dsb.



d.   Kerajinan Gips.
Gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Secara umum, untuk semua produk gips diperlukan cetakan. Fungsi kerajinan dari gips biasanya dapat berupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya.




e.    Kerajinan Lilin
Cara membuat kerajinan dari lilin tentunya perlu dicairkan dengan proses pemanasan di atas api/kompor.



f.     Kerajinan Sabun
Bahan yang diperlukan  adalah sabun batangan. Sabun dapat diolah dengan dua cara.
Pertama: mengukir sabun yang menghasilkan karya seperti : binatang,  buah,  dan  flora  ukiran.  Kedua,  membentuk  sabun dengan cara diparut dan dicampur dengan sagu dan sedikit air. 


g.    Kerajinan Bubur Kertas
Sisa-sisa kertas dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam karya kerajnan. Salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas untuk bahan berkarya kerajinan. 


C.           Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
1.    Karya Kerajinan sebagai Benda Pakai
Karya kerajinan sebagai benda pakai meliputi segala bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat, wadah, atau dikenakan sebagai pelengkap busana.
2.    Karya Kerajinan sebagai Benda Hias
Karya kerajinan sebagai benda hias meliputi segala bentuk kerajinan yang dibuat dengan tujuan untuk dipajang atau digunakan sebagai hiasan atau elemen estetis.

D.           Unsur Estetika dan Ergonomis Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
a.    Unsur Estetika, Nilai-nilai keindahan (estetik) atau keunikan karya seni memiliki prinsip: kesatuan (unity), keselarasan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast) sehingga menimbulkan perasaan haru, nyaman, nikmat, bahagia, agung, ataupun rasa senang.
b.    Unsur Ergonomis, yaitu keamanan (security), kenyamanan (comfortable), keluwesan (flexibility)

E.            Motif Ragam Hias pada Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
a.    Motif Realis, yaitu motif yang dibuat berdasarkan bentuk-bentuk nyata yang ada di alam sekitar seperti tumbuh-tumbuhan, binatang, dsb.



b.    Motif Geometris, yaitu ialah motif yang mempunyai bentuk teratur dan dapat diukur menggunakan alat ukur. Contoh: bentuk segi empat, segitiga, lingkaran, dll




c.    Motif Dekoratif, yaitu gambar hiasan yang perwujudannya tampak rata, kesan ruang jarak jauh dekat atau gelap terang tidak terlalu ditonjolkan.




d.   Motif Abstrak, yaitu motif yang tidak dikenali kembali objek asal yang digambarkan atau memang benar-benar abstrak karena tidak menggambarkan objek-objek yang
terdapat di alam maupun objek khayalan gubahan objek alam serta tidak menggunakan unsur tulisan yang terbaca.



F.            Teknik Pembuatan Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
a.    Membentuk. Macam-macam tekniknya yaitu teknik coil/lilit pilin, teknik putar, teknik cetak.
b.    Menganyam.
c.    Menenun.
d.   Membordir.
e.    Mengukir.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT

Menganalisis Perencaan Produksi Dari Bahan Lunak