Perencanaan Proses Produksi Kerajinan dari Bahan Lunak

Dalam perencanaan produk kerajinan, maka dibutuhkan persyaratan-persyaratan. Umumnya persyaratan tersebut terletak pada nilai estetika, keunikan, keterampilan dan efisiensi.

A. Pengelolaan Sumber Daya Usaha
Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik yang dikenal dengan 6 Tipe Sumber Daya (6M), yaitu Man, Money, Material, Machine, Method dan Market.
  1. Man (Manusia). Manusia merupakan unsur manajemen yang penting dalam mencapai tujuan perusahaan.
  2. Money (Uang). Uang merupakan unsur penting yang harus disediakan untuk digunakan membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli, serta berapa akan dicapai dari suatu organisasi
  3. Material (Fisik).  Perusahaan umunya tidak menghasilkan sendiri bahan mentah yang dibutuhkan. Oleh karena itu, manajer perusahaan berusaha untuk memperoleh bahan mentah dengan harga yang paling murah, dengan menggunakan cara pengangkutan yang murah dan aman.
  4. Machine (Teknologi). Mesin sangat berperan dalamn proses produksi untuk mengolah bahan yang diproduksi dan meningkatkan barang hasil produksi.
  5. Method (Metode). Metode kerja sangat dibutuhkan agar mekanisme kerja berjalan efektif dan efisien.
  6. Market (Pasar). Pemasaran produk sangat penting, karena jika barang yang diproduksi tidak laku, proses barang akan berhenti dan tidak akan berlangsung.
B. Menentukan Fungsi dan Kualitas Kerajinan
Dalam merancang produk kerajinan, seorang perajin harus memperhatikan hal-hal berikut :
  1. Bentuk. Dalam proses penciptaan, seorang perajin harus menguasai unsur-unsur seni seperti garis, tekstur, warna, ruang, bidang. Serta menguasai prinsip seni seperti irama, keseimbangan, kesatuan, harmonisasi, kontras, dsb.
  2. Fungsi. Seorang perajin harus mampu menghubungkan bentuk dan fungsi sehingga karya yang dihasilkan dapat memenuhi fungsi sementara bentuknya tetap indah.
  3. Bahan. Pengetahuan, pemahaman, dan penguasaan terhadap bahan harus dimiliki seorang perajin.
C. Menentukan Segmentasi Pasar
Faktor pemasaran dapat dikatakan berhasil jika jangkauan pasar makin luas dan masa produksi dapat bertahan dalam waktu yang lama. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan yaitu : sasaran pasar, selera konsumen, citra produk, saluran distribusi dan penentuan harga.

D. Menentukan Bahan/Material Produksi
Bahan/material dalam pembuatan karya kerajinan akan mendukung nilai bentuk, kenyamanan, terutama dalam menggunakan terapan dan juga mempengaruhi kualitas barang tersebut.

E. Menentukan Teknik Produksi
Penguasaan teknik dalam berkarya kerajinan akan menentukan kualitas produk kerajinan yang dibuat.
Teknik produksi kerajinan disesuaikan dengan bahan, alat dan cara yang digunakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha

Analisis SWOT

Menganalisis Perencaan Produksi Dari Bahan Lunak